08 September 2014

God Will Make A Way (Part 4)

God Will Make A Way!!!

Curhat lagi tentang perjuangan punya baby ni...

Sebenernya cerita ini udh cukup lama sih, hampir 1 th yg lalu, buat post part 3 nya juga sebenernya itu super late post hehe, maapkaaaannn kl ga di mention sebelumnya...
Gpp la yaaa, yang penting niat gw mau share buat siapa aja yang baca dan kebetulan lagi mengharapkan kehamilan jg ky gw.

oke.. lanjut ceritanya...
setelah proses hsg kmrn, akhirnya gw balik lg ke dokter. Disana dokternya bilang kl ternyata saluran gw ga ada masalah sesuai hasil test kemaren, Puji Tuhan...
nah akhirnya si dr suruh suami test sperm, krn selama ini belum pernah...
singkat cerita bbrp bulan kemudian balik k dr dan bawa hasil test sperm, dan hasilnya adalah sperma suami gw kurang bagus, apalah istilahnya gw lupa, pokoknya dibilang ky varises gitu (ada ya varises di begituan?? hmmm)
jumlah sperma normal juga kurang, bentuk yang normal juga kurang... 
jadi akhirnya dr saranin buat suami berobat dulu, sedangkan gw disuruh berenti berobat, kasian ktnya kl gw dimasukin obat mulu.
Akhirnya dr suruh suami buat konsultasi sama dr Herman, beliau dr androlog gitu dan kebetulan praktek di Limijati juga, hari ini juga langsung daftar ke dr Herman walaupun nunggunya ampuuuuuunnnn sampe jam 11 malem!!!

pas dtg, duhhh maap aja yaaa... lama banget.. dr ini masukin data ke komp sendirian!! tanpa ada asisten, dan ngetiknya itu lho lamaaaaaaa banget... maklum sih udh agak tua dr nya.. gw sempet browsing2, katanya dr Herman ini salah satu androlog paling bagus di Indo.

hari itu dr cuma saranin buat minum obat sama test sperm lg, krn test yg kmrn itu udh agak lama (bbrp bulan yg lalu). dan setelah test lagi hasilnya masih tetep sama...
akhirnya dr saranin buat usg gitu sama test darah di lab. kita jalanin juga usg sm test darah walaupun buat usg aja harus nunggu lama bangetttttt lamaaaa sampe berbulan2, lupa nama dr nya siapa tp waktu itu kita usg di lab Prodia. tu dr katanya sibuk banget n pasiennya banyak, sampe gw denger2 sih dr itu cm mau terima pasien usg 2 orang saja dlm satu hari.. what theeee...!!!

tapi ya sudahlah, gimana juga kita butuh itu dr hahaha
well then kita kembali ke dr Herman setelah bawa itu hasil test semua, dr Herman bilang bahwa ini harus dioperasi, krn ada saluran yang ga bagus (ada pelebaran gt ktnya)
jadi ceritanya gini, gw ga bs jelasin secara ilmiah dan secara bahasa dokter yaa, jadi ini bahasa gw aja...

"si sperma itu diproduksi di skrotum situ kan, nah buat produksi sperma yang bagus butuh nutrisi (dalam darah) yang bagus pula. posisinya saluran darah menuju skrotum ini ada buat darah bagus dan kotor, buat penyaringnya ada semacam klep gitu. nah dlm kasus ini krn asupan nutrisi dlm darah itu kurang kemungkinan krn asupan darah baru itu kurang (banyak darah kotor) itu terjadi krn entah si klep yang ga berfungsi baik atau si pembuluhnya yang melebar jadi ada bocor..." gitu deh kurang lebih yang dijelasin dr saat itu.
buat kasus suami gw ternyata pembuluhnya yang melebar, jadi tetep harus dilakukan operasi. dr ga maksa sih, ktnya coba dipikirin dl aja. kl mau operasi nanti harus test segala macem dulu, baru bisa diputuskan operasi bisa dilakukan ato ga.

sambil mikirrrrr.... karena suami ngeri juga.. operasiiii gitu lhoooo walaupun cuma operasi kecil rasa was was tetep ada. mmg sih dr ini udh berhasil operasi beratus2 bahkan mungkin ribuan pasien sampe banyak yang akhirnya berhasil punya baby.

akhirnya rencana buat operasi ditangguhkan.. setelah berbulan2 lamanyaaaaaa... akhirnya bulan Mei 2014 gw memutuskan buat ke dr laen...
ceritanya mau cari 2nd opinion... dr yang direkomendasikan adalah Prof Dr Johannes C Mose, dr.SpOG
alamat prakteknya Jl Kopo 63 Bandung (022-5201714).
Telp dulu buat daftar, dan yang menyenangkan... disini ga pake antri lamaaaaaaaa hahahaha

okay... cerita di dr Johannes... dr nya baekkkk banget...
saat itu kita bawa semua hasil test yang pernah kita lakuin, hasil usg suami, hasil test sperma, hasil hsg gw jg dibawa dan kita cerita ke dokter ttg riwayat berobat kita. intinya kita kesana mau cari 2nd opinion, kita cerita kalo sebenernya suami disuruh operasi, tapi kita masih mikir2 dulu, dan kita tanyain apa ga ada cara lain selain operasi...

lalu dengan liat hasil test sperma suami, dr kasih secercah harapan dengan bilang gini ....
"yaa ini betul dr jumlah mmg kurang, bentuk yang normal juga kurang, tapi bukan tidak ada yang normal, tp disini dibilang gerakannya bagus. ini bagus masih ada harapan"

Wow!!! denger dr bilang gitu kita saat itu semangat lagi... lalu dr bilang nanti aja kita test lagi, skrg ga ush test apa2 dulu krn ini udh ada hasilnya. Suami gw saat itu dikasih obat sm dr, katanya itu obat buat semacam vitamin sama buat perbanyak produksi sperma, semakin banyak produksi diharapkan sperma yang jelek bakal kebuang terus dan sperma yang bagus akan diproduksi terus. gw saat itu di cek usg, dan Puji Tuhan katanya bentuk rahim normal... dr bilang berobat aja dl selama 3 bulan nanti kita cek sperma lagi apakah membaik.

Juni 2014, kembali ke dr, gw usg lagi dan cm dikasih obat penyubur aja buat 10 hari, suami masih tetep minum obat setiap hari

Juli 2014, kembali ke dr, seperti biasa gw usg + obat penyubur, dikasih tau masa subunya kapan. kebetulan pas sama libur lebaran dan rencana kami waktu itu berangkat liburan ke KL

Agustus 2014, kembali ke dr, pas USG dr bilang sepertinya mulai ada penebalan.. kaget kan gw, penebalan apaaaaannnn lagi niiii??? trus dr nya bilang semoga ya...
dr bilang dia anggep saya hamil, smoga ya... katanya, gw dikasih obat penguat dan vitamin gt... saat itu beneran kaget tapi ga bisa excited... antara percaya ga percaya... antara bingung dan cemas... mmg sih saat itu haid gw udh telat, cuma kan biasanya juga ga teratur, makanya gw ga pikir gmn2. dr bilang jgn terlalu cape, banyak istirahat, dan gw disuruh 2 minggu lagi balik ke dr.

Gw langsung sms mama gw kasih kabar ini n gw minta mama doain gw... mama bilang tenang aja, kl mmg udh waktunya Tuhan kasih... YES betul banget...
Temen kantor gw waktu tau kabar ini ga sabar bgt suruh gw test pack... tp gw masih blm berani bokk.... takut PHP.. 
tapi 3 hari kemudian gw beraniin buat test pack, soalnya bulan dpnnya gw ada tugas kerjaan ke Bangkok, dan kl gw beneran hamil gw bakal cancel tugas gw dan gw perlu bukti kan buat alesan ke kantor. ya sudah akhirnya test pack pertama, hasilnya POSITIF!! masih ga percayaaaaa, besoknya gw test pack lagi, pake alat yang berbeda dan hasilnya 2 garis!!!! pengalaman luar biasa banget... baru kali ini di hasil test pack gw ada 2 garis merah... hari itu gw bersyukur banget sama Tuhan...

2 minggu kemudian gw ke dr lagi... gw bilang kl kmrn test pack hasilnya positif, dr bilang "wow bagus kl gitu". akhirnya gw di usg... dan taraaaaaa.... betuullllll sodara sodara... udh terlihat kantungnya... dr bilang iya betul hamil dan dia kasih selamat...

Puji Tuhan gw ga berenti bersyukur sama Tuhan...
dr bilang msh harus pake penguat, gpp gw jalanin dan gw ga boleh terlalu cape juga...

rasanya campur aduk... kali ini baru gw ngerasa excited...

Memang pengharapan dalam Tuhan itu ga pernah sia2... kl semua sesuai kehendak Tuhan, Dia bakal kasih sesuai waktunya... 

hari hari ini gw masih menjalani proses yang namanya males ngapa2in, sensi, cepet cape dll dll plus mual... tapi gw berusaha jalanin semua. 

Semoga semuanya berjalan dengan lancar, semuanya baik2 aja sampai waktunya lahiran nanti... Amin...

Puji Tuhan! Tuhan Yesus dasyatttt!!!

What a lovely day...

8 komentar:

  1. selamat ya.
    saya lagi browsing2 tentang PCOS dan tiba2 nemu blog ini. seneng banget waktu baca kamu akhirnya hamil walaupun PCOS.

    aku baru minggu lalu kata dokter suspect PCOS, baru dikasi inclasin dan folic acid aja. baca blog kamu aku jadi semangat untuk usaha terus.

    thanks ya.
    Tamara Sompie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Tamara...

      Tetep semangat ya... smoga cpt dpt kabar baik...
      yang penting ttp positive thinking n jgn stress...
      God bless...

      Hapus
  2. Mbak boleh tau ga suami mbak di resepin apa sm dokter nya , suami saya jg gt mbak Tp di t4 kami tggl tidak spesialis androlog jd skrg suami sy di tangani oleh spog . Mohon bantuannya yaa


    Thanks ya
    cut

    BalasHapus
  3. Hi Lie

    Sy lg browsing2 ttg prof mose n masuk ke sini. Hamil dgn polip serviks dan incompetent cervix yg mengharuskan diikat cerclarge dlm 3 mg ke depan. Lagi cari spog di bdg yg pengalaman utk hal ini. Minim info sekali😂

    Thanks
    Vita

    BalasHapus
  4. Hi Lie

    Sy lg browsing2 ttg prof mose n masuk ke sini. Hamil dgn polip serviks dan incompetent cervix yg mengharuskan diikat cerclarge dlm 3 mg ke depan. Lagi cari spog di bdg yg pengalaman utk hal ini. Minim info sekali😂

    Thanks
    Vita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai vita,
      Maaf sebelumnya sama dokter siapa?
      Sy ga ngerti juga sama istilah2 itu �� Tp bisa coba konsul sama dr Mose aja.
      Semoga lancar2 semuanya yaaa, take care

      Hapus
  5. Hi ci,saya nemu nih blog nya,saya dan suami punya problem sama persis dgn ci2,kalo boleh tau ci,obat untuk suami nya apa ya ci?kalo pcos saya skrg di kasi metformin dosis tinggi,kalo suamiku blm minum obat apa2 :( mohon di jawab ya ci,thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai connie,
      Maaaaffff banget bukan ga mo bantu ya, tp saya n suami lupa nama obatnya, nyari2 copy resep jg ga nemu kynya udh kebuang entah kapan. Saya ga dpt obat dr spesialis androlog koq, yg kasih obat buat suami spog juga (prof dr mose) jadi coba tanya sm spognya aja dear siapa tau dokternya bisa bantu. Maaf bgt ga bs bantu yah...
      Sy dulu jg dikasih methformin tp saya alergi sm obat itu, jd gatel2 ke badan n muka.
      Semoga dikasih kelancaran ya...

      Hapus